SPKP Akan Fasilitasi Pengusulan Bantuan Pompa Air Sumur Dangkal untuk Petani ke Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur

·

Menindaklanjuti hasil pertemuan antara pengurus SPKP dengan masyarakat petani di Dusun Sekarputih Desa Sumberanyar (16/02/2010) yang dilaksanakan di kediaman salah seorang ketua kelompok tani dusun Sekarputih guna menyerap aspirasi para petani, maka SPKP Sumberanyar dalam sepekan ini akan segera melayangkan proposal permohonan bantuan dana pembangunan 2 unit pompa air sumur dangkal kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Pertemuan tersebut diselenggarakan khusus untuk membahas seputar persoalan yang menyangkut dengan pengelolaan pertanian oleh masyarakat dusun Sekarputih yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Dalam pertemuan tersebut disimpulkan bahwa kendala yang mendominasi produktifitas hasil pertanian adalah persoalan air. Memang persoalan air bagi petani bukan hanya menjadi satu-satunya faktor menurunnya tingkat produksi hasil pertanian warga, namun lebih jauh dan serius lagi, persoalan air tersebut juga menjadi sumber utama perselisihan antara petani Desa Sumberanyar dengan para petani di Desa Sumberwaru. Perselisihan tersebut terjadi karena tidak meratanya pembagian jatah air untuk para petani yang selama ini didapat dari air sungai yang mengalir melintasi dusun Sekarputih dengan hilir di dudun Cotek Sumberwaru. 

Tidak meratanya pembagian air tersebut disebabkan oleh debet air sungai yang ada tidak mencukupi untuk mengairi seluruh areal pertanian yang sangat luas tersebut, akibatnya banyak para petani yang terpaksa membiarkan lahannya tidak tergarap karena tidak cukupnya pengairan. Konflik tersebut berlangsung cukup lama, karena sampai saat ini belum ada penyelesaian yang bisa diterima oleh kedua belah pihak walaupun masalah ini telah ditangani oleh pemerintah Kecamatan Banyuputih bahkan juga sampai ke kabupaten.

Berangkat dari realitas di atas, maka SPKP sebagai lembaga yang bergerak tidak hanya dalam bidang penyuluhan namun juga proaktif dalam kegiatan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat perdesaan, memandang perlu mengambil terobosan cerdas dalam bentuk mengupayakan pemberaian bantuan pompa air dengan harapan keberadaan pompa air tersebut dapat menghilangkan atau paling tidak mengurangi volume terjadinya konflik antar petani karena persoalan air. Dan tidak kalah pentingnya lagi, dengan adanya pompa air sumur dangkal tersebut petani dapat maksimal menggarap lahan pertanian mereka tanpa khawatir akan kekurangan air sehingga peningkatan hasil pertanan dapat direalisasikan tanpa resiko konflik.


Dari pertemuan itu pula, dibahas tentang lahan yang akan dijadikan tempat dibangunnya pompa air tersebut. Alhasil, terdapat dua tempat / lahan yang akan direncanakan untuk dijadikan tempat pembangunan pompa air sumur dangkal setelah ada pernyataan hibah dari pemilik lahan dimaksud. "Kita semua berharap, semoga usulan pemberian bantuan ini dapat dikabulkan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur serta bisa direalisikan dalam waktu dekat di tahun ini" ujar Ir. Hardiyono (Ketua SPKP) diujung pembahasan dalam pertemuan tersebut. Ketua SPKP selanjutnya menyampaikan, bahwa pembuatan proposal permohonan bantuan di atas sepenuhnya akan difasilitasi oleh pengurus SPKP yang dalam hal ini Heri Fadloly selaku sekretaris yang akan menyelesaikannya.

Download Proposal



HF.17/02/2010

DOWNLOAD LAGU MP3

Masukkan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Download Mp3 Gratis

HARIAN SURYA

Tinggalkan Komentar