BTN Baluran Tanam Pohon Mindi Bersama SPKP Sumberanyar

·

SPKP Sumberanyar sebagai lembaga penyuluhan yang eksis dalam serangkaian kegiatan pemberdayaan dan penyuluhan tentang pelestarian dan konservasi hutan kawasan Taman Nasional (BTN) Baluran tidak hanya mengkonsentrasikan seluruh program dan kegiatannya hanya untuk penyuluhan dan pelatihan peningktan kapasitas masyarakat semata, namun SPKP juga menekankan kegiatan riilnya diarahkan pula pada pendampingan dan fasilitasi bantuan penghijauan bagi masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Baluran. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon mindi dan pohon asam di lahan warga Dusun Sidodadi Desa Sumberwaru Kamis, 11 Februari 2010.
Kegiatan penamaman pohon mindi dan asam tersebut di samping bagian dari kegiatan SPKP Sumberanyar dari bantuan yang diberikan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, juga karena tuntutan kebutuhan sebagian besar masyarakat terhadap penghijauan. Kagiatan tersebut lansung dipimpin oleh Kepala Balai dengan didampingi oleh sekitar 20 orang staf PHPA Karang Tekok Sumberwaru bersama 5 orang dari pengurus SPKP.
Di samping kegiatan di atas, SPKP telah melaksanakan kegiatan serupa di Desa Sumberanyar sejak bulan Desember 2009 kemarin. Alokasi bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur seluruhnya berjumlah 10.000 bibit mindi yang khusus dihibahkan untuk masyarakat Desa Sumberanyar.
Tingginya kesadaran masyarakat kawasan sekitar hutan Baluran akhir-akhir ini merupakan indikasi positif bagi kelangsungan program konservasi hutan yang kini tengah digalakkan oleh Departemen Kehutanan (BTN Baluran). Terbukti dalam dekade 5 tahun terakhir ini, tingkat pencurian kayu dan hasil hutan lainnya mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini sudah menjadi indikasi kuat bahwa secara gradual ketergantungan masyarakat terhadap hutan dengan cara-cara yang ilegal dan melawan hukum sudah semakin terkikis. Tentunya ini berkat kerjasama yang efektif antara BTN Baluran, SPKP Sumberanyar dengan masyarakat kawasan hutan Baluran melalui beberapa kegiatan nyata yang dilaksanakan.

HF.11/02/1010

DOWNLOAD LAGU MP3

Masukkan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Download Mp3 Gratis

HARIAN SURYA

Tinggalkan Komentar