Profil Lembaga

·


A.  Latar Belakang Pendirian

        
SPKP Desa Sumberanyar dibentuk pada tanggal 26 Juni 2006 yang diprakarsai oleh Balai Taman Nasional Baluran dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh sebagian besar komponen pemuda, tokoh masyarakat dan pemerintah Desa Sumberanyar. Kehadiran SPKP disambut baik oleh pemerintah desa dan masyarakat Sumberanyar  karena di samping memiliki visi dan misi dalam pemberdayaan masyarakat, lebih dari itu SPKP juga diproyeksikan sebagai lembaga yang bergerak pula di bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, sampai pada pendampingan dan fasilitasi pemberian bantuan kebutuhan dasar ekonomi masyarakat baik dari instansi pemerintah maupun lainnya, yang secara langsung difasilitasi oleh SPKP. 
Lahirnya SPKP Sumberanyar merupakan follow up dari program konservasi hutan yang kini tengah digalakkan oleh Balai Taman Nasional Baluran sebagai institusi yang memiliki kompetensi dalam bidang pemeliharaan dan pelestarian marga dan satwa di kawasan hutan Baluran. Karenanya, untuk mempercepat capaian keberhasilan program tersebut, harus pula diperkuat dengan adanya sebuah lembaga kemasyarakatan yang mengakar kuat dalam masyarakat itu sendiri, guna membantu memberikan pemahaman yang benar tentang hutan dan kehutanan bagi masyarakat desa penyangga, agar masyarakat dapat secara langsung dan proaktif mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap keamanan dan kelestarian hutan khususnya kawasan Balai Taman Nasional Baluran.

B.  Visi dan Misi

Sebagai lembaga kemasyarakatan yang menjadi perpanjangan tangan dan di bawah binaan dari Balai Taman Nasional Baluran, SPKP Sumberanyar akan memformulasikan seluruh kegiatannya agar selalu sejalan dengan visi dan misi dari sebuah lembaga pemberdayaan.
Adapun instrumen yang menjadi visi dan misi SPKP Desa Sumberanyar adalah sebagaimana berikut :

VISI
Mewujudkan masyarakat perdesaan yang cerdas, mandiri, memiliki kapasitas yang cukup, mempunyai pola pikir dan prilaku yang positif serta berwawasan lingkungan
MISI
·  meningkatkan kapasitas serta mengembangkan tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat perdesaan tentang kehutanan melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, diskusi, dan forum silaturahmi lainnya.
·  mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat perdesaan melalui kegiatan pendampingan dan fasilitasi pemberian bantuan secara langsung kepada masyarakat, baik dari Departemen Kehutanan maupun dari instansi pemerintah lainnya.

C. Susunan Organisasi

Formasi kepengurusan dalam tubuh SPKP bersifat fleksibel dengan menyesuaikan terhadap tingkat kebutuhan kelembagaan yang diperlukan. Namun dari awal terbentuknya sampai dengan sekarang, SPKP Desa Sumberanyar memliki susunanan organisasi sebagaimana berikut :

Pembina


Ketua
Sekretaris
Bendahara

Bidang Penyuluhan


Bidang Pelatihan


Bidang Pengembangan Usaha
BTN Baluran
Kepala Desa Sumberanyar

Ir. Hardiyono
Heri Fadloly
Bambang Suryoadi

Sadin Arifanto (Koord)
Toasan

Tusiyono (Koord)
Sukirno

Sugiyanto (Koord)
Hertog Prawoto
Tohari

DOWNLOAD LAGU MP3

Masukkan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Download Mp3 Gratis

HARIAN SURYA

Tinggalkan Komentar